Open Source Indonesia

Opens Source Software, Freeware dan Segala yang tentang buka-bukaan

Cara Membuat Table yang Ter-korelasi

Posted by anoedie pada Januari 7, 2008

Seorang teman pernah bertanya kepadaku tentang bagaimana cara membuat tabel pada database yang terhubung satu dengan yang laen? Ada tugas kuliah disuruh mbuat itu. Padahal belum pernah dapet, tiba-tiba suruh buat pake MySQL. Aku coba nerangin ke temanku tu, walaupun dengan segala keterebatasanku tentang database sie. Aku mulai dengan konsep dasarnya dulu.

Pada prinsipnya sama aja buat table dengan database apa saja. Baik itu MySQL, MSSQL, Interbase, ADO, Paradox, dll. Tipe datanya pun hampir sama. Seperti tipe Integer kadang ada yang menyebut INT, kemudian string hampir sama dengan varchar, tipe date dan laen-laen. Tiap tipe data menyimpan data dalam format yang berbeda-beda. Tipe data perlu diketahui agar table yang kita buat sesuai dengan keperluan. Misalnya untuk data tanggal, kita gunakan tipe data “date”. Untuk lebih banyak tentang tipe data lihat artikel tentang tipe data.

Sebagai contoh untuk membuat table sederhana tentang data mahasiswa. Tabel yang kita buat fakultas, jurusan dan mahasiswa. Kita tahu bahwa fakultas mempunyai banyak jurusan, dan tiap-tiap jurusan mempunyai mahasiswa. Table fakultas berisi idfakultas dan nama fakultas. Table jurusan berisi idjurusan, nama jurusan dan field yang menghubungkan antara table fakultas dengan jurusan. Table mahasiswa berisi idmahasiswa, nim, nama dan field yang menghubungkan antara table mahasiswa dengan jurusan. Field laen bisa ditambahkan sendiri.

Secara singkat table fakultas berisi idfakultas (data idfakultas berupa angka harus unik auto_increment), namafakultas (data string/tulisan). Kemudian table jurusan berisi idjurusan (data idjurusan berupa angka harus unik auto_increment), namajurusan (data string/tulisan) dan idfakultas (data berupa angka yang menghubungkan dengan table fakultas). Dan table mahasiswa berisi idmahasiswa (data idmahasiswa berupa angka harus unik auto_increment), nim (berupa huruf/angka unik juga karena tidak ada mahasiswa yang mempunyai nim sama), nama (data string/tulisan), idjurusan (penghubung dengan jurusan)

Sebagai contoh bila data berisi :

idfakultas namafakultas
1 teknik
2 bahasa dan sastra
idjurusan namajurusan idfakultas
1 elektronika 1
2 mesin 1
3 bahasa inggris 2
idmahasiswa nim nama idjurusan
1 012345678 Markonah 2
2 05474822 Bedjo 2
3 521422111 Petruk 3

Dari tabel tersebut dapat terlihat bahwa Markonah dan Bedjo adalah mahasiswa jurusan mesin dan secara otomatis dia ada di fakultas teknik. Sedangkan Petruk adalah mahasiswa jurusan Bahasa Inggris dan dia di fakultas Bahasa dan sastra. That’s it, simple khan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: